MANFAAT BENGKUANG

BengkoangBengkoang diyakini berasal dari amerika dan tanaman ini di bawa oleh orang spanyol ke indonesia pada abad ke 17 yang sekarang tanaman ini dubudidayakan di seluruh nusantara.

Manfaat bengkuang

  • Untuk tulang dan gigi: umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga konsistensi tulang dan gigi.
  • Untuk kulit: umbinya ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. karena memiliki efek yang dingin dapat dimanfaatkan untuk penurunan demam&kecantikan kulit yakni digunakan sebagai lulur yang dapat membuat kulit segar dan tampak lebih putih dimana sel-sel kulit mati akan terangkat bersamaan dengan lulur tersebut.
  • Untuk penderita diabetes: Rasa manis bengkoang berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.inulin telah digunakan dibeberapa negara sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan.karena sifat yang tidak tercerna ini maka inulin cocok dikomsumsi oleh penderita diabetes.
  • Untuk penderita konstipasi: sifat lain dari inulin adalah sebagai serat makanan.sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter lemak dalam darah.inulin dan oligosakarida disebut sebagai prebiotik karena secara selektif merangsang pertumbuhan yang dapat meningkatkan kesehatan.

Kandungan Zat Gizi Bengkuang per 100 gram: 
Energi 55 kal
Protein 1.4 gr
Lemak 0.2 gr
Karbohidrat 12.8 gr
Kalsium 15 mg
Fosfor 18 mg
Vitamin A 0 SI
Vitamin B1 0.04 mg
Vitamin C 20 mg
Besi 0.6 mg

Speak Your Mind

*